rss

Selasa, 11 Januari 2011

Kondisi Gigi Buruk Picu Stroke

Stik.TM.Orang yang memiliki sejarah kehilangan gigi akibat penyakit dalam catatan kesehatan gigi, memiliki risiko lebih tinggi mengalami stroke dibandingkan dengan orang yang memiliki kesehatan gigi yang baik. Demikian dipublikasikan sebuah penelitian seperti dilansir dentalplans.com, baru-baru ini.

Kondisi kesehatan gigi yang buruk seringkali dikaitkan dengan risiko gangguan kesehatan lain, misalnya penyakit jantung. Penelitian terbaru tersebut merupakan yang pertama menggunakan pengukuran klinis yang spesifik terhadap kondisi gigi untuk memeriksa kaitan penyakit pada gusi dengan risiko mengalami stroke.

Peneliti memeriksa sekitar 1.137 pria melalui catatan kesehatan gigi yang dimulai pada tahun 1060-an. Seorang dokter ahli gigi diminta untuk memeriksa para partisipan per tiga tahun.

Dengan menggunakan data tersebut, peneliti menemukan kaitan yang signifikan antara kehilangan gigi dengan risiko stroke, terutama pada partisipan yang berusia kurang dari 65 tahun. Sebab dari keterkaitan itu sendiri masih belum bisa dijelaskan apakah langsung atau tidak langsung.

Jika dikaitkan antara kesehatan gigi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, para dokter gigi telah berusaha memberikan penjelasan terhadap para pasien mengenai risiko penyakit lain saat pengecekan kesehatan gigi. (rin)

Sumber : Republika Online -- Kesehatan -- By Republika Newsroom -- Jumat, 10 Juli 2009

0 komentar:


Posting Komentar