rss

Jumat, 11 Februari 2011

Manfaat Zat Makanan

STIK Tamalatea. Setiap orang dalam siklus hidupnya selalu membutuhkan dan mengkonsumsi berbagai bahan makanan. Zat gizi yaitu zat-zat yang diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi, mempunyai nilai sangat penting ( tergantung dari macam-macam bahan makanannya) untuk:

  1. memelihara proses tubuh dalam pertumbuhan dan perkembangan, terutama bagi mereka yang masih dalam  pertumbuhan ;
  2. memperoleh energi guna melakukan kegiatan kerja fisik sehari-hari.
     Termasuk dalam memelihara proses tubuh dalam pertumbuhan dan perkembangan yaitu pergantian sel-sel yang rusak dan sebagai zat pelindung dalam tubuh (dengan cara menjaga keseimbangan cairan tubuh). Proses tubuh dalam pertumbuhan dan perkembangan yang terpelihara dengan baik akan menunjukan baiknya kesehatan yang memiliki seseorang. Seseorang yang sehat tentunya memiliki daya pikir dan daya kegiatan fisik sehari-hari yang cukup tinggi.
      Nilai yang sangat penting dari bahan makanan atau zat makanan bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik serta perolehan energi guna melakukan kegiatan sehari-hari seperti dikemukakan diatas tergantung dari keadaan dan macam-macam bahan makanannya.
  1.  Tersaji dalam keadaan cukup higienis (tidak mengandung kuman-kuman penyakit, tidak mengandung zat-zat toksin/racun yang dapat membahayakan kelangsungan hidup seseorang.
  2.  Cukup mengandung kalori, protein (dengan memilki kesepuluh asam amino esensial, cukup mengandung lemak, cukup mengandung vitamin dan mineral
  3. dapat dicerna oleh alat-alat pencernaan 
  4. Pengolahan atau pemasakannya disesuaikan dengan sifat fisis dan khemis dari masing-masing bahan makanan
  5. dihidangkan dalam keadaan yang tepat dan baik, artinya pada suhu yang tidak terlalu tinggi atau rendah.
maka nilainya bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik serta perolehan energi guna melakukan kegiatan sehari adalah cukup tinggi. Kenyataanya 1-4 di atas sering kurang diperhatikan sehingga tidak jarang kita berhadapan dengan manusia-manusia atau bahkan kita akan merasakan sendiri :
  • Pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang kurang normal, banyak keluhan karena berbagai penderitaan yang berkaitan dengan kemulusan dan kesegaran fisik.
  • kelesuan, tidak bergairah melakukan kegiatan sehari-hari, dan lain-lain
   Kenyataan pula bahwa sekarang banyak diantara penduduk Indonesia yang enggan mengkonsumsi beberapa bahan makanan tertentu, baik karena pantangan yang turun-temurun yang salah diwariskan oleh leluhurnya, maupun karena gaya hidup mewah sehari-hari yang dipraktekannya, padahal bahan-bahan makanan tersebut terkenal bergizi dan telah di anjurkan oleh pemerintah. ( Dalam hal ini kita kenal " Empat Sehat Lima Sempurna" ," di Amerika dikenal "Seven Basic").makanan yang bergizi tidak selalu harus makanan yang mahal, mewah bahkan dalam banyak bukti  makanan yang demikian kurang bergizi. Bahan makanan yang mudah diperoleh dan harganyapun terjangdan bahanau  oleh mereka yang berpenghasilan rendah banyak yang bergizi dan bahan -bahan makanan yang demikian perlu mendapat perhatian untuk dikonsumsi dengan sebaik-baiknya.

0 komentar:


Posting Komentar